Selasa, 29 Maret 2011

puisi dan macam-macam puisi


  1. Puisi
1.      Pengertian Puisi: dulu puisi bermakna ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, mantra , rima serta penyusunan larik dan bait. Tetapi sekarang puisi diartikan sebagai gubahan dari bahasa yang bentuknya di pilih dan di tata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus.

2.      Macam-macam puisi:
                                            i.      Puisi bebas yaitu puisi yang tidak terikat oleh irama, mantra , rima serta penyusunan larik di setiap bait, serta jumlah suku kata di setiap larik
                                          ii.      Puisi berpola yaitu puisi yang mencakupi jenis sajak yang susunan lariknya berupa bentuk geometris, seperti belah ketupat, jajaran genjang, bulat telur, ataupun tanda-tanda yang lainnya.
                                        iii.      Puisi dramatik yaitu puisi yang memiliki persyaratan dramatic yang menekankan tikaian emosional atau situasi yang tegang.
                                        iv.      Puisi lama yaitu puisi yang belum dipengaruhi oleh puisi barat, seperti pantun, syair, gurindam, dll.
                                          v.      Puisi mbeling yaitu sajak ringan yang tujuannya membebaskan rasa tertekan, gelisah, dan tegang. Sajak ini juga sering disebut dengan sajak main-main.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar